Website KI Kalbar akan Mendapatkan Domain Baru

(Abang Amirullah/KI Kalbar News)

Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) menyatakan bahwa setiap Badan Publik wajib menyediakan informasi kepada publik, kecuali informasi yang dikecualikan.  Maka untuk mendukung hal tersebut Badan Publik berkewajiban memiliki situs resmi yang merupakan bagian dari kewajiban menyediakan sarana dan prasarana layanan Informasi Publik kepada masyarakat, seperti yang ditegaskan dalam Peraturan Komisi Informasi (PERKI) No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Sebagai sebuah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan maka Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar)  wajib memiliki website sendiri.  Namun karena belum dianggarkannya website di tahun-tahun awal pembentukannya, sebagai alternatif KI Kalbar meluncurkan website berbasis blog versi gratis wordpress.com dengan nama link www.komisiinformasikalbar.wordpress.com.

Webblog milik KI Kalbar ini dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, berusaha menyampaikan informasi kepada publik mengenai kegiatan KI Kalbar dan informasi lainnya sejak dibentuk hingga sekarang ini.

Setelah berjalan hampir satu tahun sejak dikukuhkan pada 10 maret 2015 lalu, dipandang perlu bagi  KI Kalbar untuk memiliki nama domain sendiri seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara. Berangkat dari hal tersebut Wakil Ketua KI Kalbar Chatarina Pancer Istiyani dan Abang Amirullah yang membidangi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) melakukan beberapa kali pertemuan dengan pihak Unit PDE (Pengolahan Data Elektronik) Dishubkominfo Prov. Kalbar guna membahas domain baru bagi KI Kalbar.

domain

Selanjutnya  KI Kalbar melayangkan surat permohonan kepada Gubernur Kalimantan Barat guna memperoleh domain baru yang menggunakan server milik pemprov Kalbar dengan nama http://www.komisiinformasi.kalbarprov.go.id.  Selain itu juga alamat email KI Kalbar yang sebelumnya beralamat di @yahoo.co.id akan mendapatkan alamat baru yaitu komisiinformasi@kalbarpov.go.id.

Semoga dengan adanya domain baru tersebut nantinya KI Kalbar akan memiliki website yang user friendly dan halaman antar muka yang interaktif serta memudahkan pengguna internet untuk menemukan website ini ditengah belantara website-website lainnya.

Iklan

One thought on “Website KI Kalbar akan Mendapatkan Domain Baru

  1. […] Seiring dengan ditempatinya Kantor Komisi Informasi Kalimantan Barat yang baru pada Februari 2016 yang  lalu (baca : Bulan Depan KI Kalbar Pindah Markas)  beralamat di Jl. D.A. Hadi No. 146 Pontianak, maka website/webblog KI Kalbar yang sebelumnya ‘gratisan’ berbasis wordpress.com juga menempati alamat baru di http://www.komisiinformasi.kalbarprov.go.id. (baca : Website KI Kalbar akan Mendapatkan Domain Baru) […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s