KALBAR MASUK 10 BESAR NASIONAL

• Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

PONTIANAK, TRIBUN – Pemerintah Provinsi Kalbar dinobatkan menjadi satu diantara badan publik terbaik dalam keterbukaan informasi publik dan Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (15/12).
Kalbar berada diperingkat ketujuh dengan nilai 71,62 dan berada diatas Provinsi DIY (peringkat 10), Banten (peringkat 9), dan Sumatera Selatan (peringkat 8).
Sementara, Provinsi DKI Jakarta dan Bali yang sebelumnya masuk 10 besar nominasi badan publik terbaik diajang yang sama, tahn ini harus berbesar hati karena tidak masuk dalam 10 besar.
Komisioner Komisi Informasi Pusat Abdulhamid Dipopramono, menegaskan, Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi pada Badan Publik tersebut merupakan penilaian tahunan terhadap Badan Publik yang berkomitmen terhadap keterbukaan informasi dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan transparansi demi mewujudkan good governance.
“Bukanlah suatu tugas yang mudah karena keterbukaan informasi adalah mencakup mental, mindset, sikap dan budaya yang memerlukan komitmen, konsistensi, koordinasi, kolaborasi dan komunikasi untuk mewujudkannya,” ungkapnya.
Dia mengapresiasi badan publik yang bersungguh-sungguh mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 sehingga bisa masuk dalam nominasi 10 besar pada setiap kategori.
Khusus pemerintah provinsi, Abdulhamid mengapresiasi Provinsi Jawa Timur yang sebelumnya berada diperingkat 10 tahun lalu dan meraih peringkat 2 tahun 2015. “Begitu juga dengan Provinsi Kalbar yang pada tahun sebelumnya tidak masuk dalam nominasi 10 besar dan tahun ini bisa berada di peringkat ketujuh,” ucapnya.
Gubernur Kalbar Cornelis memberikan apresiasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Kalbar, dan Komisi Informasi Provinsi (KIP) yang belum lama terbentuk. “Kita berharap, Kalbar bisa meningkatkan peringkatnya di tahun depan,” katanya. (*/rul)

Sumber : TribunPontianak (18/11)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s