Minta PPID Sediakan Akses Informasi

MEMPAWAH, TRIBUN – Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana minta kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), untuk menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.
Hal tersebut disampaikan saat membuka sosialisasi dan pelatihan bagi petugas PPID di kantor Bupati Mempawah, Selasa (23/11) “Keterbukaan informasi publik, satu diantara pilar utama tata laksana pemerintahan yang baik (good governance). Sebab, hak memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusia (HAM) dan keterbukaan informasi publik menjadi bagian dari negara demokrasi yang dijamin UUD 1945,” ujar Ramlana.
Dia menyebutkan berdasarkan penerangan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap badan publik wajib membentuk PPID. “PPID ini memiliki tanggungjawab penuh untuk penyediaan informasi di lingkungan kerja masing-masing. Sudah semestinya dapat menetapkan prosedur layanan informasi di lingkungan cakupan kerjanya. Dan pemohon informasi dapat mengakses informasi dengan mudah, cepat, dan akurat,” tambah Ramlana.
Kegiatan pelatihan ini diikuti 95 PPID dilingkung Pemerintah Mempawah yang telah ditunjuk oleh Bupati Mempawah melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 199 Tahun 2015 Tanggal 11 September 2015.
Ramlana berharap peserta pelatihan dapat memantapkan kinerjanya nanti, melalui pendalaman materi PPID berkenaan dengan tupoksi yang akan dijalankan. (sid)

Sumber : TribunPontianak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s