Sanggau Implementasi Paten

  • Kecamatan siapkan personel

Sanggau, Tribun – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, meminta seluruh camat siap memberikan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten). Sebab hal itu sudah menjadi amanah peraturan Bupati Sanggau Nomor 5 Tahun 2015 tentang pelimpahan kewenangan dari Bupati Sanggau kepada Camat sekaligus mewujudkan salah satu brand image yaitu Sanggau Tertib.
“Selama ini, belum dilaksanakannya paten karena masih kompensional. Artinya, ketika masyarakat mau berurusan soal A misalnya, dia mungkin juga bingung mau menghadap ke mana dan dengan siapa,” kata Poulus Hadi usai menghadiri rapat Pedoman Paten yang dilaksanakan di Lantai I Kantor Bupati Sanggau, Kamis (4/6).
“Nah sekarang agar ini tertib administrasi dan pelayanannya maksimal, maka dibuatlah tempat pelayanan administrasi satu pintu. Di situ dilengkapi dengan persyaratan dan standar operasional prosedur (SOP) yang mudah dipahami masyarakat,” ujarnya.
Bupati menegaskan jika warga datang ke Kantor Camat mengurus surat pindah, tidak lagi harus menunggu camat. “Kalau SOP dua hari selesai, ya harus dua hari sudah selesai. Kalau selama ini kan menunggu camat dulu dan memang tidak ada standarnya. Maka, kita sudah membuat surat keputusannya karena itu instruksi juga dari Kemendagri. Sanggau sudah punya SK. Cuma action dan persiapan saya mau finalkan,” papar bupati.
“Semoga nanti bisa jadi hadiah istimewa buat saya dan negara, 17 Agustus sudah beres semua paten untuk Sanggau,” imbuhnya.
Menurutnya, semua camat sudah siap. Tinggal menunggu SOP dan mungkin membenahi ruangan, menyiapkan petugas, SK, dan segala sesuatunya. Disinggung apakah paten ini dikenai biaya, bupati mengatakan bisa saja. “Jika di dalam peraturan daerah (Perda) kita ada biaya, bisa.
Misalnya, izin mendirikan bangunan (IMB), kalau memang ada biaya yang harus dibayar, ya harus,” tegasnya. (hen)

Sumber: Tribun Pontianak, Jumat 5 Juni 2015, Hal 21

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s